Sabtu, 09 Juni 2012

Media Pembelajaran berbasis Animasi untuk Anak Tuna Rungu

Sebenarnya ini tugas Media Pembelajaran :)Tapi belum ada giliran buat dipresentasikan tuh :Pdisini media Pembelajaran yang digunakan ialah Flash Card dan Animasi FLASHSoftware yang saya buat ialah Macromedia Flash 8 professional Portable *versi lamanya Adobe Macromedia :D  FlashCardPengertian flashcardFlashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar berukuran 25x30cm. gambar-gambarnya dibuat dengan tangan atau hasil fotografi atau memanfaatkan gambar atau foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembaran flashcard. Gambar-gambar pada flashcard merupakan serangkaian pesan yang disajikan dengan mencantumkan keterangan gambar pada bagian belakang pada setiap gambar.  Cara Penggunaan Flashcard·         Pada awalnya guru menempelkan flash card yang berisi gambar dan bilangan yang akan dijumlah atau dikurangi pada sterofoam ·         kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab soal dengan cara menempelkan flash card pada stereofoam misalnya pada penjumlahan 1+7=8 dan pengurangan 9-7=2 Flash AnimatedPengertian flash animatedFlash animated adalah animasi yang diciptakan melaluli software macromedia flash 8 profesional (sebelum adobe corporation). Gambar yang dibuat dapat dianimasikan dan pada setiap halaman display (tampilan) serupa web. Software animasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak tunarungu. Sifatnya yang visual diperuntukkan bagi anak tunarungu yang peata atau cenderung menggunakan indera penglihatannya untuk menerima sebuah informasi dan mempelajari suatu hal baru. Cara Penggunaan Flash AnimatedLayaknya sebuah ...
Read More
Post in my Wall



Pengaruh Media Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Sains Anak Tunagrahita Ringan

Jum'at 30 Mar 2012 05:19 AM
alat bantu pengajaran dan membutuhkan tenaga listrik yang tinggi, program animasi harus dibuat oleh orang yang ahli, proses pembuatan animasi membutuhkan waktu yang lama dan tidak semua guru dapat menggunakan komputer. Adapun langkah -langkah operasi ...
Dunia pendidikan luar biasa seyogyanya memanfaatkan perkembangan teknologi komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak tunagrahita. Mengingat pada prinsipnya komputer dihadirkan untuk mempermudah proses belajar siswa. Penggunaan komputer yang sesuai akan memudahkan dalam penyampaian materi pelajaran yang disampaikan guru pada siswanya. Media animasi komputer sangat menonjolkan unsure visualisasi (gambar) dan unsur imaji suara. Hal ini yang menjadi penguat bagi anak tunagrahita dalam menerima informasi sains khususnya mengenai energi . Apa yang didengar siswa dikuatkan oleh visual (penglihatan), dan apa yang dilihat siswa dikuatkan oleh audio (pendengaran). Hal ini akan memberi kesan yang kuat pada anak tunagrahita, sehingga mereka akan mampu mempertahankan respons tersebut dalam memorynya.Selama ini istilah animasi erat kaitannya dengan dunia pembuatan film, kartun ataupun komik yang diciptakan dari efek-efek yang dihasilkan oleh animasi komputer itu sendiri. Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang meru pakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar -lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Animasi secara harfiah berarti membawa hidup atau bergerak. Menganimasi memilki makna menggerakkan obyek agar menjadi hidup. Membuat ...
Read More
Post in my Wall



Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Macromedia Flash MX.

Senin 28 Nov 2011 08:21 AM
alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Namun terkadang alat peraga yang digunakan masih kurang menarik dikarenakan kurang atraktif dan monoton. Salah satu metode pembelajaran yang sekarang ini dapat dikembangkan adala ...
Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara Jawa dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer berbentuk multimedia interaktif. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya adalah Macromedia Flash MX. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX . Sasaran dari pengguna media pembelajaran ini adalah kalangan umum bagi siapa saja yang memebutuhkan.Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk membantu pembelajaran aksara Jawa dengan pokok bahasan sejarah aksara Jawa dalam cerita ajisaka, aksara carakan beserta pasangan, sandhangan, aksara murda, aksara swara, aksara rekan, angka Jawa, tanda baca serta evaluasi yang dikembangkan dengan Macromedia Flash MX .Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash untuk media pembelajaran interaktif. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Bagi dunia kebudayaan, memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian aksara Jawa berbentuk teknologi multimedia.Prosedur kerja dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah menentukan materi, menentukan skenario pembelajaran, menentukan diagram alir program, menentukan naskah program, membuat prototipe ...
Read More
Post in my Wall



Klasifikasi Media Pembelajaran

Jum'at 09 Dec 2011 03:32 PM
alatan. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan dan tampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan kem ...
Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan dan tampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan kemampuannya sendiri. Dari sinilah kemudian timbul usaha-usaha untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan media, yang mengarah kepada pembuatan taksonomi media pendidikan/pembelajaran. Usaha-usaha ke arah taksonomi media tersebut telah dilakukan oleh beberapa ahli. Rudy Bretz, mengklasifikasikan media berdasarkan unsur pokoknya yaitu suara, visual (berupa gambar, garis, dan simbol), dan gerak. Di samping itu juga, Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) dan media rekam (recording). Dengan demikian, media menurut taksonomi Bretz dikelompokkan menjasi 8 kategori: 1) media audio visual gerak, 2) media audio visual diam, 3) media audio semi gerak, 4) media visual gerak, 5) media visual diam, 6) media semi gerak, 7) media audio, dan 8) media cetak. Pengelompokan menurut tingkat kerumitan perangkat media, khususnya media audio-visual, dilakukan oleh C.J Duncan, dengan menyususn suatu hirarki. Dari hirarki yang digambarkan oleh Duncan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkat hirarki suatu media, semakin rendah satuan biayanya dan semakin khusus sifat penggunaannya. Namun demikian, kemudahan dan keluwesan penggunaannya semakin bertambah. ...
Read More
Post in my Wall



MEDIA KARTU BERGAMBAR ATAU FLASH CARD BAGI PEMBELAJARAN PENYANDANG AUTISME DAN TUNA GRAHITA

Sabtu 07 Apr 2012 12:35 PM
alat-alat transportasi. Dalam media flash card akan diberikan gambar bergerak berupa alat-alat transportasi seperti motor, mobil, bus, pesawat yang disertai dengan suara yang dikeluarkan oleh masing-masing alat transportasi tersebut.Media flash car ... transportasi. Dalam media flash card akan diberikan gambar bergerak berupa alat-alat transportasi seperti motor, mobil, bus, pesawat yang disertai dengan suara yang dikeluarkan oleh masing-masing alat transportasi tersebut.Media flash card yang be ...
Anak-anak yang memiliki gangguan intelektual dan perilaku seperti ini dapat menggunakan media yang berupa flash card ini untuk menunjang atau meningkatkan proses belajar mengajar lebih baik. Media flash card ada yang berbantuk audio visual maupun berbentuk kartu bergambar.Dengan menggunakan media flash card anak bisa lebih memahami materi yang disampaikan tersebut karena penggunaan media flash card yang menarik, selain terdapat gambar juga disertai suara. Misalnya disini materi pelajarannya adalah mengenal alat-alat transportasi. Dalam media flash card akan diberikan gambar bergerak berupa alat-alat transportasi seperti motor, mobil, bus, pesawat yang disertai dengan suara yang dikeluarkan oleh masing-masing alat transportasi tersebut.Media flash card yang berupa kartu bergambar, juga dapat digunakan dalam proses bpembelajarannya selain dalam bentuk audio visual. Disini kartu dibuat semenarik mungkin dengan dipadukan gambar serta warna yang menarik agar anak lebih mudah dan memahami materi pembelajaran . anak-anak penyandang autism maupun tunagrahita lebih menyukai hal-hal yang menarik, seperti gambar yang bergerak, music, dll. ...
Read More
Post in my Wall



SISTEM PEMBELAJARAN PAUD

Selasa 15 Nov 2011 12:09 PM

Anak adalah pribadi yang unik. Anak adalah tetap anak-anak, bukan orang dewasa ukuran mini. Anak dalam perkembangannya sangat dipengaruhi faktor bawaa, lingkungan dan pengasuhan orang tua. Sehingga dalam proses belajar, anak akan menemui kendala, begitu juga orang tua. Inilah yang disebut dengan ketidakmampuan belajar (learning disability). Untuk mengatasi ketidakmampuan belajar, maka kita harus memiliki dasar berpijak dari berbagai macam pendekatan dalam pendidikan. Disini terdapat istilah yang disebut learning by doing. Artinya, proses belajar anak usia dini yang menitikberatkan pada usaha belajar sambil beraktifitas.Pendekatan ini dilakukan untuk mendukung suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan penataan ruang yang representatif. Tentunya dengan memperhatikan sarana prasarana, dimana anak bermain, bagaimana keamanannya apakah membahayakan dirinya atau tidak. Semuanya dirancang untuk menumbuhkan motivasi anak sehingga hasil pembelajaran yang maksimal. Disamping itu, anak juga mebutuhkan kedekatan fisik, kondisi dan suasana yang akrab, dimana komunikasi orang tua dirumah dan komunikasi guru disekolah sangat membantu proses belajarnya.yang harus ditinggalkan adalah pola asuh yang otoriter, karena akan menyebabkan kondisi psikologis yang tidak nyaman. Sehingga orang tua akan gelisah karena anak tidak bisa berkembang maksimal sesuai umurnya. Jika kita baru sadar bahwa pola asuh kita salah, maka yang harus kita lakukan adalah bertekad untuk menghentikan kebiasaan pola asuh yang asuh yang ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar